Sunat Gomco

                     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teknik sirkumsisi pada bayi dan anak-anak, umumnya dilakukan melalui prosedur anastesi lokal, berbeda dengan dewasa atau anak berkebutuhan khusus, khitan dapat dilakukan melalui anatesi umum. Teknik sirkumsisi yang popular di masyarakat terutama anak-anak, saat ini adalah klem termasuk didalamnya penggunaan Gomco clamp yang banyak dilakukan di Amerika Serikat.

Sebelum di ketemukannya Gomco, komplikasi tindakan sirkumsisi sangat tinggi mulai dari perdarahan serta infeksi. Gomco clamp hadir pada saat yang tepat, dengan desain instrumen yang kecil, kuat serta dapat digunakan tanpa bantuan asisten. Menjadikan gomco clamp pada saat itu menjadi instrument sirkumsisi yang laku dipasaran.

Inti dari semua teknik Sunat ini ada 3, yaitu memotong, hemostasis, dan merekatkan luka. Sebelum tindakan sirkumsisi dilakukan, bayi atau anak dilakukan pemeriksaan kondisi penisnya. Langkah selanjutnya adalah melakukan prosedur anastesi, tindakan aseptis, dan aplikasi gomco dengan sebelumnya melakukan pengukuran penis. Aplikasi penjepitan Gomco selama 5-7 menit untuk hasil yang maksimal.